Yuuk kita mengenal lalat buah (Bactrocera carambolae) serangga hama pada buah-buahan

Penulis: Sukirno

Laboratorium Entomologi Fakultas Biologi UGM

Lalat buah (Bactrocera carambolae) merupakan salah satu serangga yang berpotensi sebagai hama utama berbagai jenis buah seperti belimbing, jambu-jambuan, mangga, nangka, dll. serta produk pertaniah lain seperti cabe, terung-terungan, dan tomat. Hama serangga ini adalah salah satu serangga yang sulit untuk dikendalikan walaupun dengan menggunakan insektisida. Hal ini dikarenakan fase ulat lalat buah hidup dengan memakan bagian dalam buah sehingga aplikasi insektisida menjadi tidak efektif karena tidak mampu menjangkau keberadaan ulat.

Gambar. Larva lalat buah di dalam buah (Gambar diambil dari www.ipmimages.org)

Metode pengendalian yang dapat digunakan adalah dengan memanfaatkan musuh alami berupa parasitoid, misal Trichogramma spp. Serangga parasitoid mampu menjadi agensia pengendali hama yang efektif karena mempunyai kemampuan mencari inang, dan mampu menginfeksikan telurnya ke tubuh inang, atau meletakkan telur dekat dengan posisi inang, walaupun tersembunyi dalam buah. Telur parasitoid kemudian akan menetas dan tumbuh berkembang dalam tubuh inang hingga fase pra-pupa. Mendekati fase pra-pupa, biasanya inang akan mati dan parasitoid keluar dari tubuh inang dan berkembang menjadi pupa.

Metode lain yang dapat digunakan untuk mengendalikan hama lalat buah secara aman adalah dengan menggunakan perangkap yang dilengkapi atraktan dan insektisida. Atraktan merupakan zat kimia (pada umumnya metil eugenol) yang menarik lalat dewasa untuk datang ke perangkap, yang di dalamnya telah diberi insektisida, sehingga lalat yang masuk perangkap akan mati. Penggunaan perangkap ini aman karena insektisida tidak diaplikasikan pada tanaman/ buah secara langsung, sehingga tanaman/ buah tersebut tidak terkontaminasi insetisida.

Senyawa metil eugenol dapat dibuat secara sederhana dengan memfermentasi produk tanaman seperti cengkeh, selasih, dll. Adapun produk komersialnya juga dapat ditemukan secara mudah dan murah di toko-toko pertanian. Produk komersial tersebut misalnya petrogenol.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.